Rabu, 09 Januari 2013

Budaya : Kesenian Perekat Kehidupan Berbangsa

KALIMANTAN BARAT - Budaya Daerah harus terus dilestarikan agar eksitensinya tetap terpelihara, dilindungi dan dikembangkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pencerdasan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Salah satu kesenian adat budaya Batak yang ditampilkan Pesona Tanah Batak, ini kesenian yang harus kita lestarikan keberadaannya, berbagai budaya kesenian yang ada di Kalbar merupakan asset budaya daearah yang harus dijaga untuk dikebangkan.

Kesenian atau adat budaya masing masing suku etnis dapat dijadi sebagai alat untuk memupuK dan perekat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara kesatuan RI.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Kalbar Drs.Cornelis.,H saat menyampaikan sambutannya pada malam Pagelaran Pesona Tanah Batak yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kabupaten Sanggau, Sabtu ( 31/8).

Dikatakan Cornelis, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga terus berusaha untuk memajukan serta menjamin kebebasan budaya daerah asli daerah dari luar Kalbar, yang secara tradisi sudah menjadi bagian dari penduduk Kalbar secara turun temurun, secara nyata selama ini telah banyak memberikan kontribusinya dalam membangun Kalbar.

"Suku dan etnis apapun yang ada di daerah Kalbar merupakan budaya dan adat istiadat daerah Kalimantan Barat, jangan lagi kita berpikir dan berangapan itu bukan milik kita hanya milik dari etnis tertentu, Indonesia yang dihuni berbagai suku bangsa, etnis dan agama merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa, ini perlu kita syukuri," jelas Cornelis, seperti dilansir dalam laman kalbarprov.

Sementara itu Wakil Bupati Sanggau Paulus Hadi,S.Ip,M.Si mengatakan, sekarang Sanggau telah terbuka untuk siapa saja, apabila kita ingin maju, maka kita harus mempunyai hati nurani yang sama serta rasa memiliki untuk membangun Sanggau secara bersama-sama.

"Kita hidup dalam Negera Kesatuan RI, sama-sama sebagai Warga Negara Indonesia dan anak Indonesia," tegas Paulus. (c4/wam)

sumber : http://wartapedia.com/nasional/nusantara/8827-budaya--kesenian-perekat-kehidupan-berbangsa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar